Day 1

Jadi, hari ini aku tetapkan menjadi hari pertama pembuatan final project karena secara resmi proposal sudah diterima untuk dijadikan final project, walaupun pada akhirnya harus mengganti judul proposal yang lama, tapi untunglah saya sudah mempersiapkan diri untuk proposal alternatif, demikianlah yang pada awalnya bercerita tentang sejarah kepahlawanan berubah menjadi branding kampus, yah.. tak apalah yang terpenting masih tidak terlalu berbelok dari keinginan awal pembuatan proyek, yaitu tentang Virtual Reality, baiklah, untuk itu kita mulai ceritakan apa yang aku dapat hari ini :

So hari ini, dengan sedikit googling pencarian referensi, pada pukul 20.00 PC dengan spesifikasi :

OS: Windows 8.1 64Bit , Processor: AMD Athlon X4 , RAM: 4 GB

telah berhasil terinstall tools tools yang diperlukan dalam pengembangan menggunakan Unity3D game engine, untuk langkah apa saja yang perlu di install :

  1. Unity 3D Game Engine

Disini untuk software unity sendiri bisa di unduh melalui website www.unity3d.com untuk versi free, tetapi dikarenakan kebutuhan kedepan yang kemungkinan besar memerlukan banyak fitur pro, jadi untuk saat ini aku putuskan untuk menggunakan versi pro, dengan mengunduhnya melalui website torrent dengan versi 4.6.1 plus ukuran file sekitar 1.3 GB, setelah selesai terunduh, just simply double click the “UnitySetup.exe” to install it, then follow the instruction. Kemudian ikuti langkah crack yang disediakan dalam paket download. Selesai.

Unity 3D telah terinstall, selanjutnya menuju langkah 2.

  1. Java SDK

Di langkah kedua, jika anda pernah menginstall JDK sebelumnya ( dalam praktikum menggunkanan Programming Languange java, atau yang lain ) kalian dapat langsung menuju kelangkah 3, jika belum ikuti langkah ini. Pertama kali yang harus dilakukan ialah mengunduh JDK dengan cukup menuliskan keyword jdk, maka akan muncul bagian teratas adalah website oracle, cukup masuk website dan cari tulisan install, pilih untuk windows, dan pilih versi yang ingin di install, disini saya mengunduh versi 8, dengan ukuran file sekitar 174 MB

Klik dua kali untuk menginstall, dan pastikan sambungan internet karena installer akan mengunduh beberapa file tambahan saat proses menginstall.

Jika sudah, mari melanjutkan ke langkah 3.

  1. Android SDK

Nah, dikarenakan untuk pengembangan VR kali ini saya mengambil perangkat android maka diperlukan Android SDK sebagai penjembatan antara Unity dan perangkat android, untuk penginstalan, cukup dengan mengunduh android SDK manager pada : www.developer.android.com/sdk/ , kemudian pilih download android studio untuk gampangnya, atau stand alone SDK, untuk pemasangan sama, tinggal unduh file .exe-nya kemudian klik dua kali untuk install.

Yap, selamat anda telah menyelesaikan tahap untuk pemasangan tools yang akan digunakan dalam pengembangan VR !

Oke, untuk hari pertama sampai tahap ini.

Selamat istirahat untuk saya.

Dan sampai bertemu kembali besok.

(leppoviangic).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s